Apakah Ujian Nasional (Ujinas) Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi?

Ujinas Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi merupakan ujian akhir yang diberikan kepada seluruh peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)-1 di Indonesia yang telah memenuhi syarat dan dilaksanakan setiap lebih kurang dua kali dalam satu tahun di fasilitas pelayanan kesehatan atau universitas dari 11 tempat Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi berada.

Ujinas Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi terdiri dari (1) computer-based test (CBT), yaitu ujian terstandarisasi pilihan berganda berbasis komputer yang terdiri dari 50% pertanyaan dalam Bahasa Indonesia dan 50% pertanyaan dalam Bahasa Inggris; (2) Objective Structured Clinical Examination (OSCE), yaitu ujian praktek klinis terstruktur berdasarkan penilaian objektif; dan (3) ujian lisan, yaitu ujian teori dan aplikasi klinis pulmonologi dan kedokteran respirasi berdasarkan kasus yang disajikan. Ujian ini berlangsung selama 3 (tiga) hari.

Apa saja syarat ujinas?

  • Peserta telah mendaftarkan diri dan telah mengisi lengkap biodatanya di website ini. Lakukan pendaftaran anggota website dan lengkapi biodata Anda, melalui tombol di bawah.
  • Peserta telah dinyatakan layak mengikuti ujinas, dibuktikan surat rekomendasi/keterangan dari ketua program studi masing-masing.
  • Peserta telah memiliki bukti terima (submission letter) naskah tesis ke publikasi ilmiah (jurnal atau majalah ilmiah). Bukti terima abstrak ke acara ilmiah nasional dan/atau internasional tidak diperhitungkan.
  • Peserta telah membayar biaya ujinas.

Pengumuman Ujinas